Apa itu AJT CogTest?

AJT CogTest adalah tes IQ atau tes kognitif dengan norma Indonesia dan hasil pengukuran yang lebih komprehensif.

Tes IQ AJT CogTest mengukur 8 ranah kecerdasan otak yang sangat berpengaruh dalam proses belajar anak Indonesia. Dengan tes IQ AJT CogTest kami menekankan bahwa bukan skor IQ yang penting namun pengetahuan terkait kekuatan kecerdasan anak yang lebih penting.

Karena kami percaya orang tua dan pendidik akan lebih optimal membantu anak belajar jika berlandaskan pertanyaan, "Bagaimana anak bisa menjadi cerdas?" atau "Apa kecerdasan anak saya?" BUKAN "Apakah anak saya cerdas?"

Tes IQ (kecerdasan) ini didasarkan pada teori kecerdasan Cattell-Horn-Carroll yang merupakan teori model kecerdasan kognitif manusia paling komprehensif dan empiris dengan penelitian selama ratusan tahun.

No

Ranah Kecerdasan (Broad Abilities)

DEFINISI

1

Penalaran Cair (Gf)

Penggunaan prosedur yang disengaja dan terkendali (seringkali membutuhkan perhatian yang terfokus) untuk memecahkan masalah baru "di tempat”, yang tidak dapat dipecahkan dengan menggunakan kebiasaan, skema, naskah yang sebelumnya  pernah dipelajari.

2

Memori Kerja Jangka Pendek (Gwm)

Kemampuan untuk menjaga dan memanipulasi informasi dalam perhatian aktif. Pikiran mental alas atau meja kerja.

3

Efisiensi Belajar (Gi)

Kemampuan untuk belajar dan mengkonsolidasikan informasi baru selama periode waktu diukur dalam hitungan menit, jam, hari dan tahun.

4

Pemrosesan Visual-spatial (Gv)

Kemampuan untuk memanfaatkan stimulasi citra mental untuk memecahkan masalah. Merasakan, membedakan dan memanipulasi gambar dalam "mata pikiran"

5

Pemrosesan Auditori(Ga)

Kemampuan untuk membedakan, mengingat, menjelaskan dan bekerja secara kreatif pada rangsangan pendengaran, yang mungkin terdiri dari nada, suara lingkungan, dan unit ucapan

6

Pemahaman – Pengetahuan (Gc)

Kemampuan untuk memahami dan mengkomunikasikan pengetahuan bernilai budaya; yang mencakup kedalaman dan keluasan baik secara deklaratif maupun prosedural dan keahlian, seperti bahasa, kata, dan pengetahuan umum yang dikembangkan melalui pengalaman, pembelajaran dan akulturasi.

7

Kefasihan Penerimaan (Gr)

Kedalaman, keluasan, dan penguasaan pengetahuan deklaratif dan prosedural yang spesifik (pengetahuan yang tidak dimiliki oleh semua orang).

8

Kecepatan Pemrosesan (Gs)

Kemampuan untuk mengendalikan perhatian yang secara otomatis, cepat dan lancar melakukan tugas kognitif berulang yang relatif sederhana. Kefasihan atau ketepatan atensi yang disengaja.

9

Kemampuan Psikomotorik (Gp)

Kemampuan untuk melakukan gerakan motorik tubuh  yang terampil (misalnya, gerakan jari tangan, tangan, kaki) dengan presisi, koordinasi, atau kekuatan.

[Introduction to AJT CogTest]

Hai..
Anda Psikolog? Anda Pengajar?