ANPS Workshop GESS - Mengoptimalkan potensi siswa berdasarkan Teori CHC

Oleh Diana Lie
Tanggal: 28 September 2017
Lokasi: Jakarta Convention Centre, Jakarta

  • GEES Indonesia adalah konferensi dan pameran pendidikan dengan perbedaan.
  • 2 hari konten inspirasional dan inovatif untuk pendidik dari semua tingkatan.
  • MCI menjadi salah satu pembicara untuk berkontribusi pada acara GESS dengan topik: Mengoptimalkan Potensi Siswa berdasarkan Teori CHC.


Perilaku sekolah siswa telah menjadi fokus utama guru, konselor dan orang tua: terutama perilaku yang mempengaruhi prestasi sekolah. Namun, masalah perilaku siswa tidak semata-mata berasal dari kepribadian atau faktor lingkungan, tapi juga dari pengembangan optimalisasi kemampuan kognitif mereka.

Keunikan cara berfikir masing-masing siswa menghadirkan tantangan bagi para guru, konselor dan orang tua dalam memberikan rencana pendidikan yang tepat untuk sepenuhnya mengembangkan potensi anak-anak. Oleh karena itu, penilaian kognitif, seperti AJT Cognitive Test, sangat dibutuhkan. AJT Cognitive Test adalah tes kecerdasan, berdasarkan Teori Cattel-Horn-Carroll (CHC), yang dikembangkan sebagai ujian paling komprehensif dan hanya penilaian normal untuk anak-anak Indonesia berusia 5-18 tahun.

Tes ini mengukur kemampuan domain-independen, sistem pengetahuan yang didapat, dan kemampuan spesifik domain sensorik, yang akan membantu memetakan kekuatan kognitif dan kebutuhan belajar siswa. Dengan memahami Teori CHC yang mendasar, diharapkan guru, konselor dan orang tua dapat memiliki perspektif yang lebih baik mengenai kegiatan belajar yang akan merangsang optimalisasi potensi siswa berdasarkan cara berpikir mereka yang unik.