Ini Perbedaan Antara Tes IQ dengan Tes Minat & Bakat

Writen by Admin
23 October 2019

Ini Perbedaan Antara Tes IQ dengan Tes Minat & Bakat

Banyak orang tua salah persepsi mengenai pentingnya tes IQ serta tes minat bakat. Rata-rata memiliki pemahaman bahwa, bila anak sudah ikut tes IQ tidak perlu lagi tes minat dan bakat. Begitu pula sebaliknya.

Memang, keduanya sama-sama penting untuk mengenali potensi serta kecerdasan anak. Namun, tes IQ serta tes minat bakat memiliki tujuan dan alasan berbeda dalam implementasinya.

Pertama, tes IQ mengukur kecerdasan kognitif anak. Penilaian yang dilakukan tes IQ AJT CogTest melihat 8 ranah kecerdasan, yaitu kemampuan auditori, kecepatan berpikir, kemampuan mengingat informasi, daya ingat jangka panjang, kemampuan visual, daya ingat jangka pendek, daya nalar, atau kemampuan verbal.

tes iq kecerdasan

Sementara itu, tes minat dan bakat bertujuan untuk mencari gambaran dari kecenderungan dan ketertarikan anak terhadap sesuatu. Tes minat dan bakat melihat potensi kecerdasan anak melalui aspek kognitif, fisik, dan sosial.

 

Kedua, tes IQ memberikan satu skor nilai yang merefleksikan kecerdasan anak secara umum. Sedangkan, tes minat dan bakat memberikan skor tersendiri untuk setiap area penilaian yang membuat anak dapat melihat secara rinci kelebihan maupun kekurangannya.

 

Perbedaan ketiga ada pada desain pelaksanaan kedua tes ini. Tes IQ sering dilakukan oleh lembaga pendidikan untuk mengetahui lebih jauh mengenai siswanya, terutama pada tahap awal pembelajaran. Oleh karena itu, setiap tes IQ punya pola dengan standar yang sama.

Sedangkan tes minat dan bakat biasanya dirancang khusus dan dilakukan dengan tujuan tertentu. Misalnya, tes minat dan bakat untuk penjurusan di sekolah menengah akan memili standar tes yang berbeda dengan tes minat dan bakat untuk pekerjaan. Hasil tes pun akan mengeluarkan data terkait dengan tujuan tes itu sendiri.

 

Keempat, tes IQ tidak mencerminkan karakter anak yang sebenarnya. Skor IQ tinggi tak menjamin anak lebih cerdas dan hidup bahagia. Sebaliknya, skor IQ rendah bukan berarti anak punya kecerdasan terbelakang dan akan gagal dalam kehidupan.

Hasil skor tes IQ dapat berubah seiring dengan pertumbuhan anak. Pasalnya, kecerdasan seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh pendidikan akademis saja, pengalaman hidup dan sosial pun ikut menentukan.

Tes minat dan bakat justru malah dapat membantu anak untuk mengenali diri mereka sendiri. Tak jarang anak tidak menyadari hobi, kegemaran atau hal-hal yang menarik perhatiannya. Tes ini dapat melihat dinamika kepribadian anak.

 

Disamping itu, tes minat bakat pun penting dilakukan di luar kebutuhan akademis. Orang tua dapat melihat bakat bawaan dan beragam faktor eksternal yang mempengaruhi talenta anak.

Maka dari itu, esensial bagi orangtua untuk memahami kedua tes ini lebih jauh. Hasil dari tes IQ serta tes minat bakat sangat berguna untuk mengetahui pendekatan yang tepat bagi proses belajar anak di sekolah maupun lembaga pendidikan non-formal.

 

Hai kami juga bahas perbedaan tes IQ dengan tes bakat minat di YouTube! Simak pembahasannya di video berikut ini.

Source :



Hai..
Anda Psikolog? Anda Pengajar?