10 Hal Yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat Anak

Posted by Cloudida

07 June 2018

Meningkatkan Daya Ingat Anak

Penelitian memori otak saat ini (studi neuroimaging dan pemetaan otak) dapat melihat bagaimana otak bekerja saat otak dalam aktivitas belajar. Seorang ahli saraf, Judy Willis M.D., M.Ed. dalam tulisannya di Psycology Today, meninjau penelitian neuroimaging. Judy yang juga seorang guru melihat hubungan antara penelitiannya dan strategi berdasarkan kinerja NEURO-LOGICAL. Menurutnya 10 hal berikut ini mempengaruhi daya ingat otak pada anak.

  • Menghilangkan stres

Stres menyebabkan sistem asupan otak mengirim informasi ke dalam otak Reaktif (otomatis-melawan, pergi melayang, membeku) dan mencegah aliran informasi melalui ke pemikiran Reflektif yang lebih tinggi, otak sadar (prefrontal cortex) di mana memori jangka panjang dibangun. Maka itu ajak anak beraktivitas yang menyenangkan (menyanyikan lagu favorit, bermain kartu, lempar bola) atau berikan kejutan (gambar favorit anak yang dapat diunduh dan dicetak dari internet) sebelum waktu belajar untuk menghilangkan pengalaman belajar yang melelahkan dan membuka jaringan otak yang mengarah ke penyimpanan memori.

 

  • Menarik Perhatian

Peristiwa yang tak terlupakan membuat kenangan jangka panjang. Cari tahu apa yang akan dipelajari anak Anda di sekolah dan gantungkan poster "iklan" atau berikan petunjuk tentang topik itu dan dorong dia untuk menebak apa yang mungkin terjadi. Rasa keingintahuan yang muncul akan membuka indra pada otak sehingga ketika topik tersebut muncul di kelas atau dalam buku bacaan hal itu akan menarik perhatiannya.

 

  • Warna

Otak hanya sebagian kecil dari miliaran bit informasi sensor yang tersedia setiap detik. Sebuah filter di otak rendah (tidak sadar, otomatis, seperti binatang) memutuskan apa yang masuk. Warna adalah sesuatu yang melewati filter ini dengan sangat baik. Mintalah anak-anak Anda menggunakan pensil warna, kertas warna, atau tulisan yang berwarna untuk menekankan tulisan tersebut. Anda dapat memiliki gambar lampu lalu lintas di dinding dan dia dapat menggunakan warna hijau, oranye, dan merah sesuai urutan - seperti lampu lalu lintas.

 

  • Sesuatu yang baru

Jika Anda menambahkan sesuatu yang baru pada pengalaman belajarnya, akan lebih mudah diingat. Gunakan klip video dari internet, pakai topi lucu, taruh syal pada anjing, nyalakan lilin tepat sebelum anak Anda mulai belajar. Sistem peringatannya akan lebih terbuka untuk memproses dan mengingat informasi yang muncul setelah pengalaman baru.

 

  • Arti pribadi

Anak-anak harus cukup peduli tentang informasi atau menganggapnya penting secara pribadi, agar dapat melalui filter otak dan disimpan sebagai memori. Gunakan minat anak untuk menghubungkannya dengan materi. Buat cerita bersama menggunakan informasi. Cerita adalah cara yang hebat untuk mengingat hal-hal baru karena otak anak tumbuh dengan mendengar cerita dan pola untuk mengingat cerita kuat di otaknya.

 

  • Ingatan yang terhubung

Otak menyimpan informasi dalam memori jangka pendek selama kurang dari satu menit kecuali informasi tersebut terhubung dengan ingatan/pengetahuan yangsebelumnya. Dengan cara mengingatkan tentang hal-hal yang telah Anda lakukan bersamanya atau informasi yang didapat saat itu berkaitan juga dengan peristiwan lain yang sudah terjadi sebelumnya.

 

  • Pola

Otak adalah organ yang mencari pola. Ketika anak-anak mengenali hubungan antara pengetahuan baru dan yang sudah diketahu sebelumnya, otak mereka dapat menghubungkan informasi baru dengan kategori pengetahuan yang ada untuk penyimpanan jangka panjang. Grafik, hafalan, daftar persamaan/perbedaan, dan membuat analogi membangun pola ingatan dalam jangka panjang.

 

  • Manipulasi mental untuk daya ingat jangka panjang

Begitu informasi masuk ke otak dalam fase yang tinggi, anak harus melakukan sesuatu untuk membangun ingatan yang permanen. Anak-anak dapat menulis ringkasan informasi baru tersebut dengan kata-kata mereka sendiri. Untuk membuat ini lebih pribadi, ringkasan tersebut dapat dalam bentuk yang sesuai dengan preferensi gaya belajar mereka seperti sketsa, sandiwara, lagu, tarian, komik, atau gambar.

 

  • Latihan otak

Informasi dari masing-masing indera disimpan di bagian otak yang spesifik. Lakukan latihan otak dengan memberikan materi aktivitas yang menggunakan bermacam sensor sehingga jaringan saraf otak yang berbeda menyimpan pengetahuan di banyak bagian-bagian otak. Otak anak-anak akan membangun banyak jalur menuju memori yang tersimpan, yang membuat pengambilan informasi lebih efisien. Ketika ingatan sering teringat, aktivasi sirkuit neural yang berulang ini membuat ingatan semakin kuat — seperti melatih otot.

 

  • SynNaps (istirahat otak)

Neurotransmiter, protein dalam otak, diperlukan untuk konstruksi memori. Fokus otak terkuras setelah hanya 10 menit melakukan aktivitas yang sama. Syn-naps adalah istirahat-otak di mana Anda membantu anak mengubah kegiatan belajar untuk memberikan waktu energi otaknya terisi kembali. Istirahat otak dapat berupa aktivitas seperti peregangan, bernyanyi, atau bercerita dengan suara lantang. Setelah beberapa menit melakukan hal itu, energi otaknya yang terisi kembali akan siap untuk menyimpan memori baru.

Source : https://www.psychologytoday.com/us/blog/radical-teaching/200904/top-10-list-improve-your-childs-memory