Orang dengan IQ tinggi lebih baik dalam bekerja sama dengan orang lain

Posted by Gian Carlo Binti

23 May 2018

Penelitian menemukan bahwa, orang dengan IQ tinggi lebih baik dalam bekerja sama dengan orang lain.

Ciri-ciri kepribadian seperti menjadi dermawan dan teliti juga berpengaruh kepada kemampuan bekerja sama, namun IQ yang lebih tinggi adalah factor Utama yang mendorong orang untuk bekerja sama dengan baik.

Para peneliti juga menemukan, orang dengan kecerdasan yang lebih rendah cenderung tidak menggunakan strategi konsisten dan gagal untuk mempertimbangkan konsekuensi dari tindakan mereka.

Profesor Eugenio Proto, yang memimpin penelitian, mengatakan:

“Kami ingin mengeksplorasi faktor apa yang membuat yang membuat kita menjadi manusia social yang efektif.

Dengan kata lain, apa yang memungkinkan untuk berprilaku optimal dalam situasi ketika kerjasama berpotensi menguntungkan tidak hanya bagi kita, tetapi juga bagi tetangga kita, orang-orang di negara yang sama atau yang berbagi planet yang sama.”

Penelitian ini melibatkan peserta yang memainkan serangkaian permainan yang menguji kerja sama dan bagaimana risiko (risk) dapat dikompensasi oleh ganjaran (reward).

Profesor Proto berkata:

“Banyak orang mungkin menganggap bahwa orang yang baik, teliti dan murah hati secara otomatis menjadi kooperatif.

Tetapi, melalui penelitian kami, kami menemukan dukungan yang luar biasa untuk gagasan bahwa kecerdasan adalah kondisi Utama untuk masyarakat yang dapat berkoperasi secara kohesif.

Hati yang baik dan prilaku yang baik juga berpengaruh tetapi sifatnya sementara dan kecil.

Manfaat dalam kecerdasan yang lebih tinggu dalam eksperimen kami, dan kemungkinan dalam kehidupan nyata, adalah kemampuan untuk memproses informasi lebih cepat, sehingga mengumpulkan pengalaman yang lebih luas, dan untuk belajar darinya.

Skenario ini dapat diterapkan di tempat kerja, di mana mungkin orang-orang yang cerdas dapat melihat gambaran yang lebih besar dan bekerja secara kooperatif, dan pada akhirnya dipromosikan dan mendapat imbalan finansial.”

Dr Andis Sofianos, rekan penulis studi, mengatakan:

“Prinsip dasar untuk dapat bekerja secara kooperatif dan melihat gambaran yang lebih besar juga berlaku untuk perdagangan internasional, di mana terdapat banyak bukti bahwa perdagangan bebas adalah dimana semua pihak dapat memperoleh manfaat.

Dengan pendidikan, hasil kami menunjukkan bahwa fokus pada kecerdasan pada anak usia dini berpotensi meningkatkan tidak hanya keberhasilan ekonomi individu, tetapi tingkat kemampuan untuk kerjasama dalam masyarakat di kemudian hari.”

Untuk mendapatkan informasi mengenai pendidikan anak, psikologi anak, dan banyak lagi, KLIK DISINI SEKARANG

Jika anda  tertarik untuk memberikan pengajaran yang sesuai dengan butuhkan anak anda, silakan KLIK DISINI SEKARANG

Studi ini dipublikasikan dalam Journal of Political Economy (Proto et al., 2018).

Source : Proto et al., 2018 https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2871144