Blog pada Maret 2018

Mar 15, 2018

Why isn’t my child performing well at school?

The Environment FactorWhether we realize it or not but our environment has a great influence on our behavior and mindset. During my childhood I remember vividly the first day of elementary school in San Diego, California. I was the only Asian in that public school, I didn’t know the language and I was only 6 years old. So I was exposed to many cultural differences, personality differences, and different standards.I was fortunate to have a good support system that helped me learn foreign language, in fact I was the top 5 for spelling bee competition. However, I moved around countries ...

Selengkapnya

Mar 08, 2018

3 pertanyaan fundamental tentang tes kognitif

Apa yang dimaksud dalam tes kognitif?Tes kognitif memberikan perkiraan mengenai intelektual, atau kognitif atau kemampuan dan potensi seorang anak/siswa.Tes kognitif juga menghasilkan rekomendasi yang relevan untuk perencanaan pendidikan. Sumber data untuk penilaian meliputi informasi latar belakang, riwayat pendidikan, dan data dari kognitif tes.Tes ini dirancang untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini: Apakah anak/siswa memiliki ketidakmampuan belajar? Apakah anak/siswa memiliki masalah focus atau kemampuan eksekutif lainnya? Apa saja kemampuan kognitif yang dimiliki anak/siswa? Apa kekuatan dan kelemahan belajar yang anak/siswa miliki sebagai modal belajar? Rekomendasi pendidikan apa saja yang sesuai dengan kebutuhan anak/siswa?Mengapa ...

Selengkapnya

Mar 08, 2018

5 kesalahpahaman tentang tes kognitif

5 kesalahpahaman tentang tes kognitifMengukur kelemahan dan kekuatan kognitif anak/siswa dan menggunakan informasi ini untuk mengoptimalkan pengajaran dan pembelajaran yang lebih efektif. Pembicaraan tentang Artificial-Intelligence (AI) dan teknologi yang memberikan pembelajaran yang dipersonalisasi sudah banyak di bicarakan di negara maju, namun tetap terasa sulit dipahami dan tidak praktis bagi kebanyakan pendidik di Indonesia. Kita mengetahui bahwa platform yang paling adaptif pun tidak memperhitungkan bahwa siswa memerlukan pendekatan yang berbeda dan bukan yang latihan yang lebih. Dan sangat tidak realistis mengharapkan guru kita memiliki solusi untuk setiap siswa setiap hari. Apalagi banyak sekolah yang memiliki perbandingan 1:40 guru dan murid.Beberapa dari ...

Selengkapnya